PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DARING DAN EFEKTIVITASNYA DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Purwanto SMP Negeri 44 Surabaya
Kata Kunci: efektifitas, pembelajaran daring, pandemic, Bahasa Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran Bahasa Indonesia daring (online) yang meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan berahasa pada ranah kognitif. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Data terseut berupa laporan guru dan siswa tentang proses pembelajaran serta dokumentasi. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan interaktivitas. Hasil penelitian dibedakan dengan tiga temuan yaitu proses pembelajaran secara daring, kendala pembelajaran dan prestasi belajar berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang diperoleh siswa pada bidang kognitif. Pembelajaran di masa pandemi Cocid-19 terjadi secara online. Kendala telah ditemukan dalam pembelajaran terutama yang dihadapi oleh siswa. Pembelajaran Bahasa Indonesia secara daring dengan meningkatkan kemampuan berahasa pada aspek kognitif adalah efektif. Hal ini ditunjukkan dengan pencapaian nilai siswa leih tinggi atau diatas rata-rata dari KKM (> 80).

Diterbitkan
2021-07-02