EFEKTIVITAS MICROSOFT TEAMS TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN IPA PADA MASA PANDEMI COVID-19
Abstrak
Microsoft Teams sebagai salah satu platform pembelajaran yang memungkinkan guru dan siswa untuk berkolaorasi dan berinteraksi selama pembelajaran secara daring (online). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan Microsoft Teams sebagai platform pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 44 Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif yang dianalisis dalam bentuk statistik. Berdasarkan data yang diperoleh menunjukkan ahwa penggunaan Microsoft Teams terdiri dari tiga indikator yaitu kemudahan akses Microsoft Teams yang menghasilkan nilai presentasi 80.5, pemahaman materi pemelajaran menggunakan Microsoft Team memberikan skor nilai presentasi 82 dan keunggulan saat menggunakan Microsoft Teams. Hasil nilai yang disajikan adalah 78. Dari ketiga indikator terseut memiliki persentase total rata-rata 80.16% yang dikatakan efektif digunakan dalam pembelajaran IPA. Untuk efektivitas penggunaan Microsoft Teams dalam pembelajaran adalah tepat untuk tujuan tersebut dan Microsoft Teams secara signifikan mempengaruhi hasil pembelajaran siswa kelas 9F di SMP Negeri 44 Surabaya pada tahun akademik 2020/2021.