MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARRATIVE SURAT DINAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A- MATCH

  • Siti Mutiah SMK Negeri 1 Pamekasan
Kata Kunci: Hasil belajar, Model Pembelajaran Make A Match.

Abstrak

Penguasaan kemampuan Bahasa Indonesia yang baik dan benar merupakan sebuah syarat mutlak yang harus dimiliki di era komunikasi dan globalisasi saat ini. Pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya kemampuan menulis surat Dinas di jenjang SMK merupakan materi pokok sebagai bagian dari fungsi pengembangan ketrampilan siswa dalam bidang Ilmu Pengetahuan, teknologi dan seni yang diharapkan setelah menamatkan studi, mereka mampu tumbuh dan berkembang menjadi individu yang cerdas, terampil dan berkepribadian sebagai bekal hidup di masa mendatang. Penggunaan Model Pembelajaran make a match dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan prosentase keaktifan siswa pada kegiatan pembelajaran siklus pertama Skor rata-rata 71,2 dengan persentase kurang 36 %, Cukup     16 %, dan baik 48 %. Pada siklus II dilakukan tindakan  perbaikan pembelajaran, dan hasilnya memuaskan, keaktifan siswa dalam mengekuti pelajaran Bahasa Indonesia dalam menulis teks berbentuk Narative mengalami peningkatan. Skor rata-rata 81,6 dengan persentase kurang 8 %, cukup 4 %, baik 88 %.

 Penggunaan Model Pembelajaran make a match juga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XII AKL-1 SMK Negeri 1 Pamekasan dalam Menulis Teks Narative Surat Dinas. Hal tersebut dapat dibuktikan melalui evaluasi/ test tulis dengan rata-rata nilai siswa pada siklus pertama 67,2 dengan tingkat ketuntasan belajar 64 %, meningkat pada siklus 2 menjadi dengan rata-rata 78,4 dengan tingkat ketuntasan belajar 88 %.

Diterbitkan
2022-06-27