PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DALAM MEMAHAMI MATERI KONGRUENSI

  • Fitria Yunaini STKIP PGRI Blitar

Abstrak

Salah satu materi yang dianggap sulit oleh mahasiswa pada matakuliah teori bilangan adalah kongruensi. Materi ini harus menjadi materi yang dikuasai oleh mahasiswa karena menjadi alternatif dalam menyelesaikan persoalan kongruensi pada jenjang dasar dan menengah. Metode pembelajaran yang digunakan peneliti adalah Think Pairs Share (TPS) yaitu metode berpasangan yang dilanjutkan dengan diskusi pleno dengan metode ini mahasiswa akan terlatih untuk mengutarakan pendapat dan belajar menghargai pendapat orang lain dengan tetap mengacu pada  materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran TPS untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar mahasiswa dalam memahami materi kongruensi di STKIP PGRI Blitar. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pembelajaran TPS terdapat peningkatan aktivitas dosen dari 90% pada pertemuan pertama menjadi 92,5% pada pertemuan kedua dan peningkatan aktivitas mahasiswa dari 82,5% pada pertemuan pertama menjadi 90% pada pertemuan kedua serta hasil belajar mahasiswa pada evaluasi akhir 91,67% yang berarti pembelajaran tuntas secara klasikal.

Kata kunci: model pembelajaran, Think Pair Share, prestasi belajar .

Referensi

Arikunto, S. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta
Depdiknas, (2005). Undang-undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Moloeng, L.J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Novi Marlena, Renny Dwijayanti dan Retno Mustika Dewi.( 2015). Penerapan Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Respon Mahasiswa pada Materi Konsep Diri Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian. Diambil dari: http://eprints.uny.ac.id/21914/1/30%20Novi%20Marlena,%20Renny%20Dwijayanti%20%26%20Retno%20Mustika%20Dewi.pdf
Orton, Anthony. 1992. Learning Mathematics: Issues, Theory and Classroom Practice (Second Edition). New York: Dotesios
Sanjaya, Wina. 2008. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Suharjono. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Suryanti, dkk. 2008. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surabaya: UNESA
Usman, M.U. (2005). Pengertian Diskusi Menurut Para Ahli dan Macamnya. (http://www.gurupendidikan.com/14-pengertian-diskusi-menurut-para-ahli-beserta-tujuan-dan-macamnya). Diakses tanggal 15 Maret 2017
Diterbitkan
2022-11-14