PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL PADA MATERI BILANGAN BERPANGKAT KELAS X SMK

  • Serafina Jenia Anggota
  • Lailatul Mubarokah 1
  • Risdiana Chandra Dhewy 3
  • Risdiana Chandra Dhewy 3
Kata Kunci: ctl, bilangan berpangkat

Abstrak

Untuk mempermudah memahami dalam mempelajari matematika perlu dikaitkan dengan  aktivitas keseharian peserta didik. Seperti yang diterapkan pada materi bilangan berpangkat pada penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah mengeksplorasi aktivitas apa saja yang dilakukan guru dan peserta didik dalam pembelajaran CTL, mengetahui hasil belajar dan respon peserta didik. Hasil penelitian akan dijabarkan secara deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.. Penelitian dilakukan di SMK PGRI 1 Sidoarjo kelas X TKJ. Jumlah peserta didik dalam satu kelas adalah 34 orang. Hasil analisis data yang dilakukan adalah Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran CTL pada materi bilangan berpangkat diperoleh nilai 4,00 yang termasuk dalam kriteria sangat aktif. Aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran sudah dapat dikatakan aktif,  karena dari 34 peserta didik 26 kriteria aktif dan 8 masih kriteria kurang aktif karena tidak mengikuti pertemuan pertama. Hasil belajar peserta didik kelas X TKJ setelah mengikuti tes soal bilangan berpangkat dikatakan tuntas karena presentase ketuntasan hasil belajar mencapai 88,23%. Respon peserta didik dikatakan positif karena seluruh butir pernyataan termasuk dalam kategori sangat positif dan positif maka respon peserta didik dikatakan positif. Sehingga penerapan model pembelajaran CTL dapat dikatakan efektif.

Referensi

Affidah, A. M. (2017). Efektivitas Penerapan Pembelajaran Conceptual Understunding Procedures c(CUPs) untuk Melatih Koneksi Matematika Peserta Didik. Digital Lybrary UIN Sunan Ampel Surabaya .
Darwani, D. Y. (2019). Penerapan pendekatan contextual teaching and learning pada materi relasi dan fungsi di kelas VIII SMP Negeri 1 Darussalam Aceh Besar . Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi .
Diniati. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Anowball Thriwing pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. STKIP PGRI Sidoarjo .
Ismatunsarrah. (2020). Penerapan Model CTL Pada Pembelajaran Materi Elastisitas untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa SMA. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA .

Johnson, E. E. (2007). Contextual Teaching and Learning. Bandung: Mizan Learning Center (MLC).
Mudjiono, D. d. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Setiana, S. D. (2016). Komparasi Penerapan Metode Pembelajaran CTL dan Open-ended dengan Memperhatikan gaya belajar ditinjau dari Prestasi Belajar Matematika. Sosiohumaniora Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora .
Soedjadi. (2007). Inti Dasar Pendidikan Matematika Realistis Indonesia. Jurnal Pendidikan Matematika .
Diterbitkan
2023-01-30