PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS SEJARAH DI SMPN 1 SIDOARJO
Abstrak
Problem Based Learning adalah salah satu model pembelajaran yang akan dijadikan eksperimen dikelas dan model ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang lebih efektif dan efisien. Melalui Problem Based Learning pembelajaran yang akan diperoleh yakni melalui proses menuju pemahaman akan resolusi suatu masalah. Berfikir Kritis adalah salah satu modal yang harus dimiliki peserta didik pada abad seperti ini. Berfikir Kritis adalah kemampuan untuk membuat atau menemukan suatu ide dan gagasan dalam pemecahan terhadap suatu masalah. Pendekatan pembelajaran memberdayakan kaidah keterkaitan akan melibatkan penuh literasi dan daya pikir kritis peserta didik untuk menggali pengetahuan serta informasi yang ada, guna membahas dan mengkaji materi yang sedang dibahas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning pada proses pembelajaran dan kemampuan kritis peserta didik. Rancangan penelitian diartikan sebagaia strategi mengatur latar penelitian agar peneliti memperoleh data yang valid sesuai karakteristik variabel dan tujuan peneliti. Penelitian ini termasuk jenis true exsperiment. penelitian ini mengambil rancangan penelitian Pre-test-Posttest control group design yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap berpikir kritis pada mata pelajaran IPS, dengan cara membandingkan satu kelompok eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelompok satunya diberikan model pembelajaran Discovery Learning. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Sidoarjo tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari dua kelas. Dari hasil penelitian yang dilakukan dengan kemampuan berfikir kriritis dan hasil belajar (Gain Score) membuktikan bahwa kelas eksperimen lebih unggul daripada kelas kontrol.
Referensi
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2001. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. 2007. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulim.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Lee, Kyung-Hwa. 2005. The relationship between creative thinking ability and creative personality of preschoolers . International Education Journal, 2005, 6(2), 194-199. ISSN 1443-1475
Liu, Z. K., He, J., & Li, B. 2015. Critical and creative thinking as learning processes at top-ranking Chinese middle schools: possibilities and required improvements. High Ability Studies, 26(1), 139-152. doi: 10.1080/13598139.2015.1015501
Mahanal; Zubaidah. 2017. Model Pembelajaran Ricosre Yang Berpotensi Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kiritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 2 (5): 676-685
Mustofa; Susilo; Muhdhar. 2016 Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Melalui Pendekatan Kontekstual Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Sma Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 1 (5): 885—889.
Sertkahya. 2015. Critical thinking skills analyzes of vocational high school students. Journal of educational and instructional studies in the world february 2015, volume: 5 issue: 1 article: 10 issn: 2146-7463
Sternberg, R. J. (2009). Academic intelligence is not enough WICS: An expended model for effective practice in school and later in life. Retrieved from: https://www.clarku.edu/research/mosakowskiinstitute/conferences/mar12/papers /Sternberg.pdf
Zubaidah, Siti. 2017. Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi yang dapat dikembangkan melalui pembelajaran sains. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 3 Nomor: 2 Bulan Februari Tahun 2018 Halaman: 155—158