ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW : PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN NURTURANT EFFECT
Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan animasi pada siswa kelas VII SMP. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP. Jumlah responden adalah 30 siswayang mana responden merupakan populasi sekaligus sampel penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan rancangan one group prestest-posttest. Dari hasil analisis diatas: (1) Perbedaan hasil belajar pada model pembelajaraan kooperatif dengan strategi jigsaw berbantuan animasi dilihat dari rerata skor pretest (69,57), dan skor posttest (84,80) dan ketuntasan individu pada saat pretest (43%) dan posttest (80%), sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai lebih 80% sehingga mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), 2) Respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan animasi diperoleh adalah 87% peserta didik menyukai suasana kelas, dan 96% peserta didik suka dengan cara guru mengajarkan materi, dan 88% peserta didik menganggap dirinya terbantu dan mendapatkan kesempatan yang lebih serta 89% peserta didik merasa mendapat kesempatan yang baik dalam menyatakan ide, menanggapi pertanyaan, mengajukan pertanyaan, dan mempresentasikan hasil pekerjaan sehingga menumbuhkan sikap percaya diri, mampu berpikir kritis, bersifat terbuka, motivasi diri, kerjasama, dan tanggung jawab, 3) terdapat kefektifan penerpaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran IPS yang dibuktikan dengan percentage of agreement yang diperoleh dari dua orang pengamat sebesar 97%.
Referensi
Andika, S., Abdi, A. W., & Zalmita, N. (2019). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Media Audio Visual Dan Media Animasi Mata Pelajaran Ips Terpadu Di Mtsn 4 Rukoh Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah, 4(1), 113–119.
Anggreni, L. P. D. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Media Audio Visualterhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan Ips Siswa Kelas Iv Sd Gugus 1 Dalung Tahun Ajaran 2016/2017. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2).
Arikunto. (2019). Metodologi Penelitian, Suatu Pengantar Pendidikan. In Rineka Cipta, Jakarta.
Ariyati, S., & Misriati, T. (2016). Perancangan Animasi Interaktif Pembelajaran Asmaul Husna. Jurnal Teknik Komputer Amik Bsi.
Ernawati, E., Puspita, L., & Sari, N. P. (2016). Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Hands On Activity Dengan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Pokok Bahasan Fotosintesis Kelas Vii Smp Negeri 12 Batam. Simbiosa. SIMBIOSA, 5(1). https://doi.org/10.33373/sim-bio.v5i1.805
Hariah A., R. S. E. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Biologi Tentang Kingdom Protista Menggunakan Model Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Jigsaw Di Kelas X MIPA 3 SMAN 2 Bogor. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(1). https://doi.org/10.32832/jpg.v3i1.6617
Hasni, H., & Said, M. (2020). Implementasi Model Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal Di SMP Nusantara Makassar. SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, Hukum Dan Pengajarannya, 15(1). https://doi.org/10.26858/supremasi.v15i1.13485
Khoiruddin, A. (2013). Peran Komunikasi Dalam Pendidikan. Jurnal Pemikiran Keislaman, 23(1). https://doi.org/10.33367/tribakti.v23i1.17
Nugraha, A. T., Hidayat, A., & Belakang, L. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. 5(1), 1–9.
Putri Pertiwi, N. P. E. W., Suarjana, I. M., & Arini, N. W. (2019). Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Media Pembelajaran dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3). https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19277
Reyna, J., Hanham, J., & Meier, P. C. (2018). A framework for digital media literacies for teaching and learning in higher education. E-Learning and Digital Media, 15(4), 176–190. https://doi.org/10.1177/2042753018784952
Rindayani, E., Kartono, K., Suparjan, S., Hamdani, H., & Asmayani, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Powerpoint Animasi untuk Kelas V SDIT Al Mumtaz Pontianak. ISLAMIKA, 5(1). https://doi.org/10.36088/islamika.v5i1.2763
Rusdiyanah. (2021). Hubungan Minat Belajar Dan Media Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Matematika. Joyful Learning Journal, 10(1). https://doi.org/10.15294/jlj.v10i1.44337
Situmorang, E. (2018). Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaran dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa Kelas Kelas IX-2 SMP Negeri 2 Gebang Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Tabularasa, 15(2).
Sugiyono. (2018). Metode Peneiltian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In Alfabeta Bandung.
Sutadji, E. (2016). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan media audio visual untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS (belajar pada siswa kelas IV SDN Satu Melangka Kab. Wakatobi Prop. Sultra) / Irman. In Universitas Negeri Malang. http://repository.um.ac.id/id/eprint/62944%0A
Tasya, N., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomedika.