PEMBELAJARAN KALKULUS DIFERENSIAL MATERI FUNGSI IMPLISIT BERBANTUAN PEAR-DECK: PROFIL PROSES DAN HASIL

  • Eka Nurmala Sari Agustina
Kata Kunci: Pear Deck, Proses Pembelajaran, Turunan Fungsi Implisit

Abstrak

Perubahan kondisi selama masa pandemi covid-19 menjadikan pengajar lebih berinisiatif untuk membuat pembelajaran yang tetap interaktif walaupun dalam kondisi pembelajaran online. Salah satu platform yang menyediakan kondisi interktif adalah Pear Deck. Dengan memanfaatkan Pear Deck, peneliti bertujuan untuk mengetahui proses pemelajaran berbantuan Pear Deck dan dampaknya terhadap hasil belajar pada mata kuliah kalkulus diferensial materi turunan fungsi implisit. Penelitian diterapkan pada 18 mahsiswa pendidikan matematika semester dua dengan subyek tes tulis sebanyak 15 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan lebih dari 80% mahasiswa terlibat aktif dalam perkuliahan dan lebih aktif menyampaikan pendapatnya dari hasil analasis prosedur penyelesain soal yang ditampilkan dalam pembelajaran interaktif ini. Penelitian juga menunjukkan hasil bahwa pelaksanaan pembelajaran berbantuan Pear Deck berpengaruh positif dan signifikan yang ditunjukkan oleh nilai t = 5,082 dengan nilai signifikansi 0,0. Besarnya kontribusi pembelajaran ini terhadap hasil belajar sebesar 66,5%.

Referensi

Agustina, E. N. S., & Nuriyatin, S. (2023). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA DALAM MENYELESAIKA SOAL KALKULUS DIFERENSIAL PADA MASA PEMBELAJARAN ONLINE. 3(2), 72–85.
Anggoro, K. J. (2020). Pear Deck. RELC Journal. https://doi.org/10.1177/0033688220936735
Ariawan, S., Studi, P., Bahasa, T., Islam, U., & Mataram, N. (2017). Antara Ada dan Tiada : Studi Terhadap Tingkat Kehadiran dan Keaktifan Mahasiswa dalam Pembelajaran Online di Era Covid-19. 622, 62–68.
Blake, C. (2017). How Teachers Can Strengthen Students’ Analysis Skills _ Resilient Educator. Https://Resilienteducator.Com/. https://resilienteducator.com/classroom-resources/build-analysis-skills/
Hajerina, H., Suciati, I., & H. Mailili, W. (2022). Analisis Kesalahan Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus Diferensial Materi Turunan. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 24–33. https://doi.org/10.46918/equals.v5i1.1238
Haryani, F., & Ayuningtyas, N. (2021). The impact of interactive online learning by Pear Deck during COVID-19 pandemic era. Journal of Physics: Conference Series, 1957(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1957/1/012006
Herwanto, S., & Hatmo, D. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Secara Daring. 115–122.
Imelda, & Pasaribu, A. B. (2021). Kalkulus diferensial : Analisis kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan soal turunan. 4(2), 81–95.
Javed, Y., & Odhabi, H. (2019). Active Learning in Classrooms Using online Tools: Evaluating Pear-Deck for Students’ Engagement. ITT 2018 - Information Technology Trends: Emerging Technologies for Artificial Intelligence. https://doi.org/10.1109/CTIT.2018.8649515
Karmen, R. F., & Pribadi, F. (2022). Dampak Positif Negatif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca. 6, 62–75.
Lawson, J. (2021). Increasing Student Engagement Using Pear Deck. January.
Nur, D., & Mutiara, E. (2020). Dampak COVID-19 ( Coronavirus Disease 2019 ) Terhadap Proses Pembelajaran dan Psikologis Bagi Siswa. 19(1), 200–207.
Paseleng, M. C., & Sanoto, H. (2020). Implementasi Pembelajaran Online di Era Pandemi Covid-19 : Tantangan dan Peluang. 283–288.
Radita, W., Pradana, Y., Adi, I. N., Putra, J., & Suarnajaya, I. W. (2023). The Strengths and Weaknesses of Online Learning from The Perspectives of Teachers and Students in Sma / Smk Negeri Buleleng Sub-District During the Covid-19 Pandemic. 6, 164–176.
Sa’adah, N., & Rodliyah, I. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Pear Deck Dalam Pembelajaran Daring Mata Kuliah Aljabar Abstrak Lanjut. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 8(2), 127. https://doi.org/10.24853/fbc.8.2.127-136
Salma, Machfudh, M. S., Salwa, A., & Firdaus, A. M. (2022). ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN VIDEO CONFERENCE TERHADAP. 14(1), 42–50.
Shatri, K., & Shala, L. (2022). Evaluating the Effect of Interactive Digital Presentations on Students’ Performance during Technology Class. Education Research International, 2022. https://doi.org/10.1155/2022/3337313
Wulandari, N. B., & Masduki. (2016). ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM PENYELESAIAN MASALAH TURUNAN. In -: Vol. (Issue).
Yeliany, A., & Roesminingsih, E. (2021). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 09(04), 873–886.
Yurt, E. (2022). Teachers’ Views and Experiences Regarding Acquiring Analytical Thinking Skills in the Middle School Mathematics Curriculum. International Journal on Social and Education Sciences, 4(4), 599–619. https://doi.org/10.46328/ijonses.475
Diterbitkan
2023-04-30