Analisis Kesiapan Guru dalam Menghadapi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV di SD Islam Al-Alifah Palembang

  • Rodiatun Niswah UIN Raden Fatah Palembang
  • Rini Apriyani UIN Raden Fatah Palembang
  • Winda Agustin Agustin UIN Raden Fatah Palembang
  • Ines Tasya Jadidah UIN Raden Fatah Palembang
Kata Kunci: kesiapan guru, kurikulum merdeka, mata pelajaran IPAS, implementasi kurikulum, kualitas pendidikan

Abstrak

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi tingkat kesiapan yang ditunjukkan oleh para guru ketika mereka menghadapi dan menjalankan Kurikulum Merdeka, dengan penekanan khusus pada Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial di SD Islam Al-Alifah yang terletak di Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan melibatkan empat wali kelas dan kepala sekolah sebagai informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru-guru telah memahami Konsep Kurikulum Merdeka dengan baik dan menunjukkan kesiapan yang kuat dalam menghadapi perubahan kurikulum. Mereka memahami aspek-aspek penting dari Kurikulum Merdeka, karakteristik mata pelajaran IPAS, dan keterampilan proses. Dukungan kepala sekolah juga sangat berperan dalam memastikan kesiapan guru. Meskipun ada beberapa isu, seperti kebutuhan akan sumber daya yang lebih besar, guru-guru dan kepala sekolah memiliki komitmen untuk memberikan pendidikan yang berkualitas dan relevan bagi siswa. Rekomendasi penelitian ini mencakup dukungan dan pelatihan berkelanjutan bagi guru-guru, evaluasi terus-menerus terkait kesiapan guru, dan kerja sama dengan pemerintah untuk memastikan ketersediaan sumber daya yang diperlukan. Studi selanjutnya dapat melibatkan mata pelajaran lain dan lebih banyak sekolah untuk mendapatkan pandangan yang lebih komprehensif tentang kesiapan guru dalam menghadapi Kurikulum Merdeka.

Referensi

Agustin, W. (2023). Inovasi Kurikulum Merdeka Belajar : Profil Pelajar Pancasila di Era Society 5 . 0. 3.
Alhamuddin. (2014). SEJARAH KURIKULUM DI INDONESIA (Studi Analisis Kebijakan Pengembangan Kurikulum). Nur El-Islam, 1(2).
Allutfia, F. T., & Setyaningsih, M. (2023). Analisis Kesiapan Guru Dalam Menghadapi Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Ipas Kelas Iv. Academy of Education Journal, 14(2), 326–338. https://doi.org/10.47200/aoej.v14i2.1656
Almarisi, A. (2023). Kelebihan dan Kekurangan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Sejarah dalam Perspektif Historis. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 7(1), 111–117. https://doi.org/10.30743/mkd.v7i1.6291
Andari, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Menggunakan Learning Management System (LMS). Allimna: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 65–79. https://doi.org/10.30762/allimna.v1i2.694
Andriani, W. (2020). Pentingnya Perkembangan Pembaharuan Kurikulum dan Permasalahannya.
Anita, D., & Bentri, A. (2023). Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri dalam Mata Pelajaran IPA Kelas VII di MTsN 3 Kerinci. Jurnal Family Education, 3(3), 296–309. https://doi.org/10.24036/jfe.v3i3.128
Arifin, Z. (2017a). Konsep Dan Modal Pengembangan Kurikulum. PT Remaja Rosdakarya.
Arifin, Z. (2017b). Konsep Dan Modal Pengembangan Kurikulum. PT Remaja Rosdakarya.
Agustin, W. (2023). Inovasi Kurikulum Merdeka Belajar : Profil Pelajar Pancasila di Era Society 5 . 0. 3.
Alhamuddin. (2014). SEJARAH KURIKULUM DI INDONESIA (Studi Analisis Kebijakan Pengembangan Kurikulum). Nur El-Islam, 1(2).
Allutfia, F. T., & Setyaningsih, M. (2023). Analisis Kesiapan Guru Dalam Menghadapi Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Ipas Kelas Iv. Academy of Education Journal, 14(2), 326–338. https://doi.org/10.47200/aoej.v14i2.1656
Almarisi, A. (2023). Kelebihan dan Kekurangan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Sejarah dalam Perspektif Historis. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 7(1), 111–117. https://doi.org/10.30743/mkd.v7i1.6291
Andari, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Menggunakan Learning Management System (LMS). Allimna: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 65–79. https://doi.org/10.30762/allimna.v1i2.694
Andriani, W. (2020). Pentingnya Perkembangan Pembaharuan Kurikulum dan Permasalahannya.
Anita, D., & Bentri, A. (2023). Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri dalam Mata Pelajaran IPA Kelas VII di MTsN 3 Kerinci. Jurnal Family Education, 3(3), 296–309. https://doi.org/10.24036/jfe.v3i3.128
Arifin, Z. (2017a). Konsep Dan Modal Pengembangan Kurikulum. PT Remaja Rosdakarya.
Arifin, Z. (2017b). Konsep Dan Modal Pengembangan Kurikulum. PT Remaja Rosdakarya.
Arum Susilowati, & Sutama. (2022). Kesulitan belajar IPS pada siswa sekolah dasar: Studi pada SD Muhammadiyah Kota Bangun, Kutai Kartanegara oleh Arum Susilowati. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) , 9(1), 31–43. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i1.129705
Aryanti, D. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka sebagai Upaya Dalam Mengatasi Krisis Pembelajaran (Learning Loss). Educatio, 18(1). https://doi.org/10.29408/edc.v18i1.12286
Badan Standar, K. D. A. P. K. P. K. R. D. T. R. I. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) FaseA–FaseC Untuk SD/MI/Program Paket A . Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.
Cahya Wijayati, E., & Nyoman Sudana Degeng, I. (2016). Kesulitan-Kesulitan dalam Implementasi Kurikulum Mata Pelajaran IPS SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(11).
Damayanti, I. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3).
Devianti, R., Suci, &, & Sari, L. (2020). Urgensi Analisis Kebutuhan Peserta Didik Terhadap Proses Pembelajaran. Jurnal Al-Aulia, 6(1).
Emzir. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif,. Rajawali Pers.
Farah Dina Insani. (2019). Sejarah Perkembangan Kurikulum di Indonesia Sejak Awal Kemerdekaan Hingga Saat Ini. As-Salam I, 3(1).
Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3).
Hardisem Syabrus. (2015). Kesiapan dalam Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Pekanbaru. Pekbis Jurnal, 7(1).
Hartati, I. N. dan S. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Media Sahabat Cendekia.
Kadariah, Kusmaladewi, & Hasmiah. (2020). Faktor Kesulitan Guru Dalam Proses Pembelajaran di Ditinjau dari Pengunaan Kurikulum, Struktur Materi, Sarana Dan Prasarana, dan Alokasi Waktu. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 3(2).
Kurnia, S. (2023). Kesiapan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Islam (SDI) Surya Buana Kota Malang. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 117–127. http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/ijpgmi
Made, L., Dewi, A. W., Putu, N., & Astuti, E. (2022). Hambatan Kurikulum Merdeka di Kelas IV SDN 3 Apuan. Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka, 4(2).
Madhakomala, Layli Aisyah, Fathiyah Nur Rizqiqa, Fransiska Desiana Putri, & Sidiq Nulhaq. (2022). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pemikiran Pendidikan Paulo Freire. At-Ta`lim : Jurnal Pendidikan, 8(2).
Mahdiannur, M. A., Erman, E., Martini, M., Nurita, T., & Rosdiana, L. (2022). Eksplorasi Pengetahuan Guru IPA Smp Tentang Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka: Pengukuran Berdasarkan Complex Multiple-Choice Survey. JURNAL TARBIYAH, 29(2), 295. https://doi.org/10.30829/tar.v29i2.1812
Marlina, T. (2022). Urgensi dan Implikasi Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Prosiding SNPE FKIP Universitas Muhammadiyah Metro 67, 1(1).
Muhammedi. (2016). Perubahan Kurikulum di Indonesia: Studi Kritis Tentang Upaya Menemukan Kurikulum Pendidikan Islam yang Ideal. RAUDHAH, 4(1).
Diterbitkan
2023-12-01