PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK SDN PUCANG 4 SIDOARJO

  • Endang Eryanti SDN Pucang 4 Sidoarjo
  • Risdiana Chandra Dhewy STKIP PGRI Sidoarjo
Kata Kunci: Video Pembelajaran, Kemampuan Bahasa Inggris

Abstrak

Video pembelajaran merupakan media audio dan visual yang melibatkan penggunaan indera penglihatan dan pendengaran dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap kemampuan bahasa inggris peserta didik di SDN Pucang 4 Sidoarjo dan mengetahui respons peserta didik terhadap penggunaan video pembelajaran. Batasan masalah dalam penelitian ini untuk kemampuan bahasa inggris ditinjau dari segi kemampuan berbicara (speaking).  Sampel dalam penelitian ini peserta didik kelas 3 sebanyak 30. Pengumpulan data melalui kegiatan observasi, posttest, serta pemberian angket. Dalam teknik analisis data kegiatan ini menggunakan analisis statistik yang berupa analisis regresi linear sederhana yang disertai dengan tiga uji asumsi regresi sebagai prasyaratnya dengan pengolahan data menggunakan software SPSS 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video pembelajaran memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan bahasa inggris peserta didik terutama kemampuan berbicara (speaking). Selain itu, respons positif penggunaan video pembelajaran juga diberikan oleh peserta didik kelas 3 SDN Pucang 4 Sidoarjo.

Referensi

Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R & D. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 62–78. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.18403.
Ardinata, K., & Parmiti, D. P. (2021). The Credibility of Listening Learning Videos for Elementary School Students. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(1), 129–139. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/34369/18701.
Ario, M. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Materi Integral Pada Pembelajaran Flipped Classroom. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 20–31. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1709.
Dewi, L. M. I., & Rimpiati, N. L. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Video Interaktif Dengan Seting Diskusi Kelompok Kecil Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Anak Usia Dini. JEPUN: Jurnal Pendidikan Universitas Dhyana Pura, 1(1). https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/Jepun/article/view/78
Fahri, M. U. (2020). Pemanfaatan Video Sebagai Media Pembelajaran. OSF Preprints. https://doi.org/10.31219/osf.io/z97qy
Gusmania, Y., & Dari, T. W. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 61–67.
Hardiyanti, Waode E., Ilham, M., Ekadayanti, W., Jafarudin. Pelatihan Pembuatan Video Animasi Gambar “POWTOON” Bagi Guru PAUD. (2020). Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2), 78-86. ISSN 2615-3122(online) ISSN 2548_6683 (print)
Kurniawati, T., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2019). Strategi Pembelajaran Nilai Karakter Berbantuan Video Animasi Untuk PAUD. Jinotep, 6(1), 30-38. http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/index.
Librianty, H. D., & Sumantri, S. (2014). Peningkatan Partisipasi Belajar Melalui Metode Bercakap-Cakap Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(1), 1–8.
Magdalena, I., Ulfi, N., & Awaliah, S. (2021). Analisis Pentingnya Keterampilan Berbahasa Pada Siswa Kelas IV di SDN Gondrong 2. EDISI, 3(2), 243–252.
Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64-72. doi:10.17509/IJPE.V3I2.22103
Panggabean, D. D., & Ramadhani, I. (2021). Pembuatan Media Video Pembelajaran Fisika SMA Dengan Whiteboard Animation. Media Sains Indonesia.
Pratiwi, E. M., Gunawan, Ermiana, I. (2022). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 381-386. https://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/466
Putri, N. N., & Sastromihardjo, A. (2021). Peran Aplikasi Discord dalam Pembelajaran Berbicara. Seminar Internasional Riksa Bahasa, 191–196. http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/1676
Wahyuningsih, A., Faradita, M. N., & Setiawan, F. (2022). Analisis Penggunaan Video Pembelajaran IPA Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di SD Muhammadiyah 9 Surabaya. Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 52-64. http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_inventa
Diterbitkan
2023-12-22