ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL LOGARITMA

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL LOGARITMA

  • Ika Aprilianti STKIP PGRI Sidoarjo
  • Lestariningsih STKIP PGRI Sidoarjo
  • Moch Lutfianto STKIP Al Hikmah
Kata Kunci: analisis, kesalahan siswa, logaritma, faktor kognitif

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal logaritma. Subyek penelitian adalah siswa kelas X yang berada di lingkungan peneliti yang berjumlah 5 orang. Selanjutnya ke 5 siswa tersebut akan diwawancarai terkait kesalahan dalam penyelesaian soal. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data penelitian ini melalui pemberian tes soal, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis diketahui bahwa hasil tes siswa menunjukkan kesalahan terbanyak terjadi pada tahap transformasi (transformation), dan proses skill. Wawancara kemudian dilakukan untuk menggali lebih dalam faktor yang mempengaruhi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal logaritma. Faktor tersebut ialah faktor pengalaman, efektif, dan kognitif. Faktor kognitif menjadi faktor yang paling berpengaruh. Faktor kognitif sangat bergantung pada pemahaman siswa terhadap materi pada soal logaritma.

##submission.authorBiographies##

##submission.authorWithAffiliation##

Pendidikan Matematika

STKIP PGRI Sidoarjo

##submission.authorWithAffiliation##

Pendidikan Matematika

STKIP PGRI Sidoarjo

##submission.authorWithAffiliation##

Pendidikan Matematika 

STKIP Al Hikmah

Referensi

Amalia, S. R. (2017). Analisis Kesalahan Berdasarkan Prosedur newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Gaya Kognitif Mahasiswa. Aksioma, 8(1), 18-30.

Asy’ari, H. (2015). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Matematika. Aksioma, 4(2), 10-17.

Auliya, Z., & Lestariningsih, L. (2020). Analisis Kesalahan Peserta Didik dengan Gaya Kognitif Field Independent dalam Menyelesaikan Soal Cerita SPLTV. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 6(2), 146-161. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v6i2.6445

Badjeber, R. (2017). Asosiasi kemampuan penalaran matematis dengan kemampuan koneksi matematis siswa SMP dalam pembelajaran inkuiri model alberta. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 10 (2), 50-56

Gunawan, M. S., & Fitra, D. (2021). Kesulitan siswa dalam mengerjakan soal-soal eksponen dan logaritma. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 257-268.

Hayati, I. N., & Budiyono. (2018). Analisis Kesulitan Siswa SMA Negeri 1 Kedungwuni Materi Logaritma. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 8(2), 115-124.

Hidayati, N. (2013). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Akuntansi Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 1(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/3683

Miles, B., M., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2019). Qualitative Data Abalysis. London: Sage Publications, Inc.

Mulyadi., Riyadi., & Subanti, S. (2015). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA) Ditinjau dari Kemampuan Soasial. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 3(4), 370- 382.

Ridia, N. S., & Afriansyah, E. A. (2019). Perbandingan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa melalui Auditory Intellectualy Repetition dan Student Teams Achievement Division. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 515-526

White, A. L. (2010). Numeracy, Literacy and Newman’s Error Analysis. Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia 2010, 33(2).
Diterbitkan
2024-01-09