PERAN MEDIA DIGITAL BAGI GURU DALAM MEMBANGUN KOMUNIKASI

  • Miftakhul Rizqi STKIP PGRI Sidoarjo

Abstrak

Media digital sangat penting dalam pengembangan komunikasi antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengivestigasi bagaimana guru dalam memanfaatkan media digital sebagai media komunikasi saat pembelajaran, serta bagaimana dampak, tantangan, dan hambatan di dalamnya. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan kajian literatur yang berfokus pada penyelidikan literatur yang sistematik. Hasil menunjukkan bahwa guru dapat memamfaatkan media digital dalam proses pembelajaran, membangun keterampilan komunikasi siswa, serta guru dapat memelihara hubungan positif bersama siswa. Media digital berdampak positif pada komunikasi pembelajaran seorang guru yaitu memberikan aksesibilitas, meningkatkan keterlibatan siswa, serta mampu menyediakan sumber ajar dengan cepat. Namun hal ini juga memberikan dampak negatif seperti timbulnya kecanduan penggunaan perangkat digital, resiko keamanan daring, serta terbatasnya jumlah siswa yang bisa mengakses media digital. Tantangan dan hambatan yang didapat oleh guru berawal dari perlu adaptasinya guru terhadap teknologi, harus memberikan bahan ajar yang berkualitas, dan memerlukan upaya tambahan untuk memenuhi keterlibatan siswa agar siswa tidak hanya menjadi penonton pasif.

Referensi

Akbar, A., & Noviani, N. (2019). TANTANGAN DAN SOLUSI DALAM PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DI INDONESIA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.
Ambarsari, Z. (2020). PENGGUNAAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA PADA ERA 4.0. Prosiding Seminar Nasional PBSI-III, 81–86.
Azis, T. N. (2019). STRATEGI PEMBELAJARAN ERA DIGITA. Annual Conference on Islamic Education and Social Sains, 1(2), 308–3018.
Fitriyani, & Nugroho, A. T. (2022). Literasi Digital di Era Pembelajaran Abad 21. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 201–208.
Husain, C. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2).
Kurniawati, J., & Baroroh, S. (2016). Literasi Media Digital Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Komunikator, 8(2), 51–66.
Nugroho, C. (2020). Cyber Society: Teknologi, Media Baru, dan Disrupsi Informasi. Prenada Media.
Puspitosari, R., & Lokananta, A. C. (2021). Peran Media Komunikasi Digital Pada Pola Komunikasi Guru dan Murid. AVANT GARDE: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1), 100–109.
Ramadhan, K., & Zaharani, H. (2021). THE EFFECT OF WORD WALL MEDIA ON STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY. Jurnal Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Kependidikan, 2(1), 31–40.
Sareong, I. P., & Supartini, T. (2020). Hubungan Komunikasi Interpersonal Guru dan Siswa Terhadap Keaktifan Belajar Siswa di SMA Kristen Pelita Kasih Makassar. Jurnal Ilmu Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 29–42.
Setiani, N. N., & Barokah, N. (2021). Urgensi Literasi Digital dalam Menyongsong Siswa Sekolah Dasar menuju Generasi Emas Tahun 2045. Seminar Nasional PGMI (SEMAI), 411–427.
Sidarta, G. P., & Sadra, W. (2016). Pengaruh model blended learning berbantuan video animasi terhadap kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman konsep siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 49(2), 48–58.
Sopian, A. (2016). TUGAS, PERAN, DAN FUNGSI GURU DALAM PENDIDIKAN. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88–97.
Suradika, A., Gunadi, A. A., & Jaya, S. A. (2020). Penggunaan YouTube sebagai media pembelajaran jarak jauh pada kelas III sekolah dasar islam An-Nizomiyah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ.
Wicaksono, J. W. (2021). PEMBELAJARAN MATERI KEBERAGAMAN AGAMA DI INDONESIA MELALUI MEDIA KOMIK BERBASIS DIGITAL PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Universitas Negeri Jakarta.
Yulianti, M., Anggraini, D. L., Nurfaizah, S., & Pandiangan, A. P. B. (2022). PERAN GURU DALAM MENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(3), 290–298.
Zis, S. F., Effendi, N., & Roem, E. R. (2021). Perubahan Perilaku Komunikasi Generasi Milenial dan Generasi Z di Era Digital. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(1), 69–87.
Diterbitkan
2024-01-25