KETERAMPILAN MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA DALAM MEMBUAT SKETSA GRAFIK FUNGSI

  • Azhar Syarifuddin STKIP Al Hikmah Surabaya
Kata Kunci: sketsa grafik fungsi, mahasiswa calon guru

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan mahasiswa calon guru matematika dalam membuat sketsa grafik fungsi. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dan instrumen pengumpulan data menggunakan instrumen tes dalam bentuk essai. Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi Pendidikan Matematika STKIP Al Hikmah Surabaya yang berjumlah 8 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam membuat sketsa grafik fungsi, keterampilan mahasiswa calon guru dalam kategori baik yakni pada skor rata-rata 2,60. Secara umum, bentuk grafik yang dihasilkan sudah sesuai meskipun tidak mulus. Dalam hal strategi, mahasiswa cenderung menggunakan plotting dan kurang memperhatikan karakteristik fungsi. Hasil sketsa juga diberikan identitas atau keterangan yang jelas.

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Mathematics Education

STKIP Al Hikmah Surabaya

Referensi

Elia, I., & Spyrou, P. (2006). How students conceive function: A triarchic conceptualsemiotic model of the understanding of a complex concept. , 3, 256 – 272.

Graham, T. M. and O. J. Thomas (2000). Building a versatile understanding of algebraic variables with a graphic calculator. , 41(3), 265–282

Halim, L. & Meerah, S.M. (2002). Science Trainee Teachers' Pedagogical Content Knowledge and Its Influence on Physics Teaching. Research in Science & Technological Education, 20(2), 215.

Harel, G., & Dubinsky, E. (Eds.). (1992). The Concept of Function: Aspects of Epistemology and Pedagogy. Washington, DC: Mathematical Association of America

Küçük, B. (2011). Identifying the secondary school students’ misconceptions about functions. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 15, 3837-3842.

Musliha, Ismet, & Yusup, M. (2020). Analisis Kemampuan Siswa dalam Membuat Grafik Pada Pokok Bahasan Kinematika di SMA N 1 Indralaya. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika. 1(2). 145 – 151

Permendikbud (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 103 Tahun 2014 pasal 2 ayat 7 dan 8 tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Rosyada, Dede. (2004) Paradigma Pendidikan Demokratis. Sebuah Model Pelibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta : Prenada Media.

Selden, A., & Selden, J. (1992). Research perspectives on conceptions of function summary and overview. In E.

Dubinsky & G. Harel (Eds.), (pp. 1-16). Washington, D.C: Mathematical Association of America.

Setyani, N. D. (2016). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Multirepresentasi Pada Materi Kinematika dan Dinamika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika II.

Subali, B., Rusdiana, D. Firman, H., & Kaniawati, I. (2015). Analisis Kemampuan Interpretasi Grafik Kinematika Pada Mahasiswa Calon Guru Fisika. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015.

Ural, A. (2013). Ninth Graders’ Understanding of The Concept of Function Within a Graphical Representation. International Journal of Multidisciplinary Thought, 3(4):401–415

Widianingtiyas, L., Siswoyo., & Fauzi, B. (2015). Pengaruh Pendekatan Multi representasi dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa SMA. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(1).

Yustiandi, Y., & Saepuzaman, D. (2017). Profil Kemampuan Interpretasi Grafik Kinematika Siswa SMA Kelas X. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 3(1)

Diterbitkan
2024-01-25