Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning Pada PPKn SDN Sambirejo 02

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning Pada PPKn SDN Sambirejo 02

  • Hilmy Rafi Universitas PGRI Semarang
  • Suyoto Universitas PGRI Semarang
  • Sumarno Universitas PGRI Semarang
  • Endang Rumiarci SD Negeri Sambirejo 02 Semarang
Kata Kunci: Hasil belajar, PPKn, Problem based learning

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penggunaan model problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar PPKn di SDN Sambirejo 02, serta mengetahui apakah terjadi peningkatan hasil belajar dengan penerapan model problem based learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). PTK dilaksanakan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan yang muncul di dalam kelas. Metode ini dilakukan empat tahap,yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar. Pada siklus 1 rata rata nilai peserta didik memperoleh 69,8 kemudian pada siklus kedua meningkat menjadi 75. Berdasarkan hasil pada siklus 1 ke siklus II  terjadi peningkatan nilai sebesar 6,2%. Pada siklus 1 peserta didik yang mencapai KKM atau tuntas sebanyak 10 anak dengan nilai presentase ketuntasan mencapai 60% sedangkan yang belum tuntas sebanyak 5 anak  dengan presentase 40%. Pada siklus kedua peserta didik yang mencapai ketuntasan 12 anak dengan nilai presentase 80% sedangkan yang belum tuntas sebanyak 3 anak dengan  presentase 20%. Pelaksanaan pembelajaran pada siklus II telah melebihi kriteria ketuntasan belajar

##submission.authorBiographies##

##submission.authorWithAffiliation##

Pendidikan Profesi Guru 

Universitas PGRI Semarang

##submission.authorWithAffiliation##

Pendidikan Profesi Guru

Universitas PGRI Semarang

##submission.authorWithAffiliation##

Pendidikan Profesi Guru

Universitas PGRI Semarang 

##submission.authorWithAffiliation##

SD Negeri Sambirejo 02 Semarang

Referensi

Aji, S. (2013). Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi Implementasi Nilai-nilai Karakter Bangsa. Jakarta: Ghalia Indonesia

Asril, Zainal. 2016. Micro Teaching: Disertai dengan Pedoman Pengalaman Lapangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Muhannimah. (2016). Peningkatan Hasil belajar Fiqih Melalui Model Problem Based Learning. Jakarta

Suwarna. 2016. Pengajarnan Mikro Pendekatan Praktis Menyiapkan Pendidikan Profesional. Yogyakarta: Tiara Wacana

Sanjaya, Wina. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media Group, 2010

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Jakarta: Kencana, 2010
Diterbitkan
2024-01-28