Pengaruh Metode Orton-Gillingham Terhadap Kesulitan Membaca Siswa
Abstrak
Abstrak
Kemampuan membaca memiliki peran penting dalam keberhasilan akademik siswa. Namun, masih banyak siswa di sekolah dasar yang mengalami kesulitan membaca, terutama di kelas tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh metode Orton-Gillingham terhadap kesulitan membaca siswa kelas IV dan V di SDN Kalipecabean Sidoarjo. Metode Orton-Gillingham adalah metode yang terstruktur pada huruf dan bunyi. Penelitian ini menggunakan desain Pre Experimental One Group Pretest-Posstest Design. Sampel penelitian terdiri dari 6 siswa yang mengalami kesulitan membaca, dipilih menggunakan teknik purposive sampling . Instrumen berupa lembar observasi tes kemampuan membaca, dianalisis menggunakan Uji Paired Sample T-Test . Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan membaca siswa setelah diterapkan menggunakan metode Orton-Gillingham, dengan nilai p-value 0,000 ≤ 0,05. Maka adanya perbedaan setelah dan sesudah menggunakan metode Orton-Gillingham yang dibuktikan dengan peningkatan nilai posttest siswa. Artinya, ada peningkatan hasil kemampuan membaca siswa kelas IV dan V SDN Kalipecabean Kota Sidoarjo. Hal ini juga menunjukkan bahwa metode Orton-Gillingham efektif dalam mengatasi kesulitan membaca pada siswa kelas IV dan V SDN Kalipecabean.
Kata Kunci: Metode Orton Gillingham, membantu membaca .
Referensi
Bajtullah, S., Dewi, G. K., & Mubarok, M. K. (2023). Analisis Kemampuan Membaca Siswa Disleksia dengan Metode Orton Gillingham. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 16(1). https://doi.org/10.26418/jvip.v16i1.67206
Hasanah, U., & Deiniatur, M. (2019). Membangun Budaya Membaca Pada Anak Usia Dini Di Era Digital. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 3(01). https://doi.org/10.24127/att.v3i01.973
Kemdikbud. (2016a). KBBI Online. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/Kemampuan
Kemdikbud. (2016b). KBBI Online. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/membaca
Khaerawati, Z., Nurhasanah, N., & Oktaviyanti, I. (2023). Level Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar di Kelas Tinggi. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2). https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4521
Khairunnisa, & Lestari, N. (2018). Penerapan Metode Orton Gillingham di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Banjarmasin. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2018 Tema : Menyonsong Transformasi Pendidikan Abad 21. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/index
Laily, I. F. (2014). Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1). https://doi.org/10.24235/eduma.v3i1.8
Manasikana, A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Multisensori Teknik Visual Auditif Kinestetik Tactile (Vakt) Siswa Kelas I Sdn 2 Tanjung Anom. Jurnal Ilmiah Media Publikasi Pengetahuan Dan Teknologi, 10(2).
Munir. (2021). Pendidikan adalah Proses Pengubahan Sikap. Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. https://upttikp.dindik.jatimprov.go.id/web/index.php/berita/141-pendidikan-adalah-proses-pengubahan-sikap-kenali-pengertiannya-menurut-para-ahli
Srinur, I, W,. Mulyadi., & Alannasir, W. (2023). Pengaruh metode multisensori terhadap kesulitan membaca siswa kelas IV di madrasah ibtidaiyah makasar. Jurnal Pendidikan,Pengajaran,Bahasa,Dan Sastra, 1.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). (3rd ed.). ALFABETA.