TARI OREK-OREK SEBAGAI IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN NGAWI
Abstrak
Peningkatan mutu pendidikan karakter perlu dilakukan dalam segala aspek termasuk melalui konteks budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karekter berbasis kearifan lokal melalui tari Orek-Orek. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Tempat penelitiannya adalah SDN Paron dan SDN Kedungputri 1 Kabupaten Ngawi. Teknik pengumpulan data meliputi studi dokumentasi, observasi dan wawancara. Teknik analisis data meliputi data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tari Orek-Orek tetap eksis sampai saat ini karena sinergi dan rutin dilakukan dalam berbagai event dan pembelajaran di sekolah. Karakter dalam tari Orek-Orek yang relevan bagi siswa diantaranya disiplin, lemah lembut, tanggung jawab, dan telaten. Kearifan lokal ini selalu terjaga karena sering ditampilkan dalam berbagai kegiatan-kegiatan besar misalnya perayaan HUT Kabupaten Ngawi. Tidak sampai disitu pemerintah daerah Kabupaten Ngawi juga sering mengadakan pelatihan-pelatihan atau workshop bagi guru SD, sehingga nantinya akan ditularkan kepada siswa disekolahnya.