TARI OREK-OREK SEBAGAI IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN NGAWI

  • Rizka Amalia

Abstrak

Peningkatan mutu pendidikan karakter perlu dilakukan dalam segala aspek termasuk melalui konteks budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karekter berbasis kearifan lokal melalui tari Orek-Orek. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Tempat penelitiannya adalah SDN Paron dan SDN Kedungputri 1 Kabupaten Ngawi. Teknik pengumpulan data meliputi studi dokumentasi, observasi dan wawancara. Teknik analisis data meliputi data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tari Orek-Orek tetap eksis sampai saat ini karena sinergi dan rutin dilakukan dalam berbagai event dan pembelajaran di sekolah. Karakter dalam tari Orek-Orek yang relevan bagi siswa diantaranya  disiplin, lemah lembut, tanggung jawab, dan telaten. Kearifan lokal ini selalu terjaga karena sering ditampilkan dalam berbagai kegiatan-kegiatan besar misalnya perayaan HUT Kabupaten Ngawi. Tidak sampai disitu pemerintah daerah Kabupaten Ngawi juga sering mengadakan pelatihan-pelatihan atau workshop bagi guru SD, sehingga nantinya akan ditularkan kepada siswa disekolahnya.

Diterbitkan
2020-06-22