UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RESIPROKAL DENGAN MEDIA BOLA CABANG OLAHRAGA PERMAINAN BOLA BASKET SISWA KELAS IX SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 21 SURABAYA

  • Sumardi Sumardi

Abstrak

Fokus masalah PTK ini adalah “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Resiprokal Dengan Media Bola Cabang Olahraga Permainan  Bola  Basket  Siswa  Kelas  IX    Semester  Ganjil  SMP  Negeri  21 Surabaya’. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :Apakah dengan media bola dan model pembelajaran resiprokal/timbal balik dapat meningkatkan hasil belajar olahraga pada permainan bola basket, sehingga secara keseluruhan mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian tindakan kelas ini dilakukan bersamaan dengan program praktik dosen di sekolah Menengah Pertama Negeri 21 Surabaya. Sebelumnya didahului dengan observasi selama dua hari. Prosedur  penelitiannya  menggunakan  perencanaan,  pelaksanaa,  evaluasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan metode tes dan observasi, dan alat yang digunakan selama penelitian adalah media bola, lapangan, keranjang bola basket, lembar observasi. Teknik analisis data dengan rumus persentase. Hasil penelitian seperti berikut: Nilai rata-rata (Mean) semua di atas nilai KKM yaitu sebesar 70 dan nilai rata-rata  sebesar  75,5.  Hal  ini  menunjukkan  bahwa  siswa  rata-rata  dapat menguasai materi pembelajaran. Ada kendala akibat dari kebakaran AULA bulan Agustus 2018 di SMP Negeri 21. Kondisi  pemerolehan  hasil  belajar  pada Siklus I dapat  dikatakan  sudah bagus atau belum, maka perlu diadakan penelitian lagi dengan Siklus II. Pada Siklus II penelitian dimaksudkan untuk lebih memantapkan kondisi siswa khususnya tempat peneliti praktik. Hasil Siklus II, ternyataa hasil lebih bagus atau rata-ratanya naik menjadi 80,625 yang pada Siklus I rata-rata hanya 75,5.

Diterbitkan
2020-10-31