ANALISIS EVALUASI HIGHER ORDER THINGKING SKILLS (HOTS) PADA KELAS TINGGI DI SDN KUWONHARJO 2 KECAMATAN TAKERAN KABUPATEN MAGETAN

  • Septi Aprilia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis evaluasi formatif yang dikembangkan oleh guru agar diketahui apakah bentuk evaluasi yang dikembangkan berbasis pada High Order Thinking Skills (HOTS).  Subyek penelitian ini yaitu Siswa Kelas Tinggi SDN Kuwonharjo 2 Tahun Ajaran 2018/2019 UPTD Kecamatan Takeran, Kabupaten Magetan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif Deskriptif.  Data penelitian ini diperoleh dari dokumen soal formatif yang dikembangkan oleh guru SDN Kuwonharjo 2. Berdasarkan keseluruhan hasil analisis evaluasi formatif menunjukkan bahwa bentuk evaluasi yang dibuat belum menunjukkan Higher Order Thinking Skills (HOTS).  Semua soal masih berada pada level C1 dan C2 sehingga hal ini menjadi bahan untuk dilakukan perbaikan dalam hal perencanaan untuk membuat bentuk evaluasi minimal pada level C4.

Diterbitkan
2020-10-31