Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII-F SMP Negeri 22 Surabaya Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Tahun Pelajaran 2018-2019
Abstrak
Pengalaman siswa dalam menyelesaikan masalah melalui penemuan, merupakan prasyarat untuk berpikir kritis dan analitis siswa dalam mengkonstruk hasil belajarnya, sehingga akan terbentuk proses skemata pengetahuan dalam memorinya siswa yang siap digunakan kembali saat pengetahuan tersebut dibutuhkan. Kurang optimalnya hasil belajar siswa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satu di antaranya adalah rendahnya perhatian dan kurangnya konsentrasi siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika. Guru sering memberikan pelajaran dalam bentuk ceramah dan tanya-jawab, sehingga siswa kurang termotivasi untuk mengembangkan kemampuan berfikir kreatif dalam penyelesaikan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peneningkatan hasil belajar matematika siswa setelah diterapkannya model pembelajaran problem based learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilaksanakan dengan tes tulis pada materi persamaan linier dua variabel. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII-F SMP Negeri 22 Surabaya dengan jumlah siswa 32 siswa. Hasil dalam penelitian ini didapatkan ketuntasan klasikal siswa pada pra siklus sebesar 78,13%, siklus I 84,38% dan Siklus II 90,63%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.