UPAYA ORANGTUA DALAM MEMFILTER TONTONAN BAGI ANAK USIA DINI

  • Rendy Setyowahyudi Universitas Pendidikan Ganesha
Kata Kunci: Orangtua, Filter, Tontonan, Anak, Usia Dini

Abstrak

Tontonan yang tidak sesuai dengan usia anak dapat berdampak buruk bagi anak. Orangtua merupakan sosok terdekat selama anak berada dirumah. Untuk itu perlu filter dari orang tua terhadap tontonan yang di tonton oleh anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya orangtua dalam memfilter tontonan bagi anak usia dini. Metode yang digunakan adalah deskriptif. Subjek penelitian adalah 3 orang tua yang memiliki anak usia dini. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Sementara analisis data menggunakan model Miles & Huberman dengan tahap pengumpulan data, penyajian data, reduksi dan penarikan kesimpulan. Hasil menunjukkan bahwa orangtua memiliki tiga cara dalam memfilter tontonan bagi anak usia dini yaitu melakukan pengawasan langsung, mencermati jadwal acara dan mempersiapkan aplikasi yang sesuai untuk usia anak. Implikasi dari penelitian ini adalah memberikan sumbangsih pengetahuan kepada orangtua yang memiliki anak usia dini untuk mengetahui cara-cara yang dapat digunakan untuk memfilter tontonan anak dirumah.

Referensi

Abd Razaq, A. R., & Khakim, A. (2022). Komodifikasi Konten Berbagi Uang dalam Akun Youtube Baim Paula. Jurnal Al-Hikmah, 20(1), 1-20.
Abdillah, N. (2022). Prophetic Parenting in Digital Age. JOSSE: Journal of Social Science and Economics, 1(1), 65-74.
Adwiyanti, W., & Listyaningsih, L. (2015). PERILAKU ANAK DALAM KELUARGA YANG GEMAR MENONTON TAYANGAN SINETRONGANTENG-GANTENG SERIGALA DI DESA CANGKIR KECAMATAN DRIYOREJO-GRESIK. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 2(3), 681-695.
Alia, T., & Irwansyah, I. (2018). Pendampingan orang tua pada anak usia dini dalam penggunaan teknologi digital [parent mentoring of young children in the use of digital technology]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 65-78.
Amanda, G. T., Ginting, A. D., & Sofiyani, N. (2022). Lembaga Penyiaran Publik–Radio Republik Indonesia: Studi Produksi dan Distribusi Konten dalam Era Integrasi Media. Jurnal Publish (Basic and Applied Research Publication on Communications), 1(2), 70-91.
Amelia, R., & Fitriyani, R. (2016). Hubungan Intensitas Menonton Tayangan Kekerasan di Televisi dengan Perilaku Agresif yang Dilakukan Anak Usia Sekolah di Madrasah Diniyah Awaliyah Nurul Huda Pajar Bulan. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 2(2).
Chusna, P. A., & Utami, A. D. M. (2020). Dampak pandemi COVID-19 terhadap peran orang tua dan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran daring anak usia sekolah dasar. Premiere: Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 11-30.
Gushevinalti, G., Suminar, P., & Sunaryanto, H. (2020). Transformasi Karakteristik Komunikasi Di Era Konvergensi Media. Bricolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 6(01), 083-099.
Hariyanto, F. (2018). Peran Orang Tua dalam Membimbing Anak Menonton Acara Televisi. Jurnal Politikom Indonesiana, 3(2), 179-186.
Hayati, F., & Malinda, C. (2020). ANALISIS DAMPAK TAYANGAN TELEVISI TERHADAP PERILAKU BULLYYING DI TK AL-MAWADDAH KECAMATAN SUKA MAKMUR ACEH BESAR. Jurnal Buah Hati, 7(2), 138-151.
Indraswari, L. (2012). Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalaui Kegiatan Mozaik Di Taman Kanak-Kanak Pembina Agam. Jurnal Pesona PAUD, 1(1), 1-13.
Indrawan, J., & Ilmar, A. (2020). Kehadiran media baru (new media) dalam proses komunikasi politik. Medium: Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi, 8(1), 1-17.
Lindriany, J., Hidayati, D., & Nasaruddin, D. M. (2023). Urgensi Literasi Digital Bagi Anak Usia Dini Dan Orang Tua. Journal of Education and Teaching (JET), 4(1), 35-49.
Nilasuwarna, N., & Jalil, N. (2020). Perilaku Sosial Anak Yang Senang Menonton Film Kartun Upin Dan Ipin. AL-ATHFAL: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2).
Rewira, A. E., & Ridwan, M. (2021). Efektivitas Program Televisi Terhadap Perkembangan Komunikasi Orang Tua Pada Anak. Kordinat: Jurnal Komunikasi antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 20(2), 283-290.
Rohmawati, O., & Watini, S. (2022). Pemanfaatan TV sekolah sebagai media pembelajaran dan pendidikan karakter anak usia dini. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 196-207.
Siahaan, G. (2008). ORANG TUA, SEKOLAH DAN KEMAJUAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK. Jurnal Teknodik, 061-074.
Situmorang, D. H. (2016). Peran Komunikasi Interpersonal Orang Tua dan Anak dalam Pendampingan Menonton Film Animasi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 14(1), 57-67.
Widyastuti, A. (2018). Bahasa Positif Guru Dalam Bimbingan dan Konseling Membentuk Karakter Positif Anak Usia Dini. Jurnal Fokus Konseling, 4(1), 107-115.
Wulandari, H., Asiah, D. H. S., & Santoso, M. B. (2021). Pengawasan Orangtua Terhadap Anak Usia Prasekolah Dalam Menggunakan Gawai. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(1), 46-55.
Yafie, E. (2017). Peran orang tua dalam memberikan pendidikan seksual anak usia dini. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 4(2).
Diterbitkan
2023-06-09