PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATA KULIAH STATISTIKA LANJUT

  • Munasiah Universitas Indraprasta PGRI
  • Lin Suciani Astuti Universitas Indraprasta PGRI
  • Heriyati Universitas Indraprasta PGRI
Kata Kunci: persepsi, pemahaman, statistika.

Abstrak

Statistika Lanjut merupakan salah satu mata kuliah wajib diikuti mahasiswa saat semester lima, mata kuliah ini juga menjadi mata kuliah yang kurang diminati mahasiswa karena berkaitan dengan hitungan tidak lepas dari kemampuan dasar matematika. Karena asumsi mahasiswa terkait hal tersebut maka mahasiswa memiliki persepsi rendah (negatif) terhadap mata kuliah ini. Persepsi negatif dari mahasiswa menyebabkan kurangnya semangat dan motivasi mahasiswa dalam mempelajari statistika lanjut, sehingga pemahaman mahasiswa terhadap statistika lanjut juga rendah. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu ingin mengetahui seberapa besar pengaruh persepsi mahasiswa terdahap pemahaman statistika lanjut. Metode dari penelitian ini berbentuk survei dan instrument soal yang diberikan kepada 50 mahasiswa. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh persepsi mahasiswa terhadap pemahaman mata kuliah statistika lanjut.

##submission.authorBiographies##

##submission.authorWithAffiliation##

Teknik Informatika

Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

##submission.authorWithAffiliation##

Teknik Informatika

Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

##submission.authorWithAffiliation##

Teknik Informatika

Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Referensi

Hamalik, O. 2008. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara
Dewimarni, S., Rizalina, R., & Zefriyenni, Z. (2022). Validitas Media Pembelajaran Statistika Berbasis Android dengan Teknik Peta Konsep untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Statistika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 329–337. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1087
Huda, I. U. (2022). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pemahaman Materi Mata Kuliah Melalui Proses Pembelajaran Daring Pada Mahasiswa Stie Pancasetia Banjarmasin. Al-KALAM : JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 9(2), 109. https://doi.org/10.31602/al-kalam.v9i2.6475
Jayanti, F., & Arista, N. T. (2019). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelayanan Perpustakaan Universitas Trunojoyo Madura. Competence : Journal of Management Studies, 12(2), 205–223. https://doi.org/10.21107/kompetensi.v12i2.4958
Mulyono, B., & Hapizah, H. (2018). Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran Matematika. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 103–122. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol3no2.2018pp103-122
Munah Hartuti, P., & Widyasari, H. (2016). Peran Kemampuan Awal Matematika dan Persepsi Mahasiswa pada Statistika terhadap Prestasi Belajar Statistika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 135–144. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1020
Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18
Sumarandak, M. E. N., Tungka, A. E., & Egam, P. P. (2021). Persepsi Masyarakat Terhadap Kawasan Monumen Di Manado. Jurnal Spasial, 8(2), 255–268.
Yanti, W. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Materi Statistik Pada Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Hots. LINEAR: Journal of Mathematics Education, 3(2), 179. https://doi.org/10.32332/linear.v3i2.5763
Yuliani, E. N. 2018. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Koopearatif Tipe Group Investigation. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 91-100
Diterbitkan
2024-10-21